Desa Gunung Rajak Merencanakan Pembentukan Bank Darah
Desa Gunung Rajak Merencanakan Pembentukan Bank Darah

Dalam kehidupan bermasyarakat tentu perlu adanya kegiatan desa yang khusus membantu kegiatan sosialasi bermasyarakat berjalan sesuai dengan kebutuhan masayarakat di desa tersebut. Peran pemuda desa dan perangkat desa sangat penting dalam kemajuan kegiatan ini, terutama dalam program kesehatan.sebagaimana yang diketehaui yang telah dirumusakan oleh para tokoh intelektual dunia, yang mengatakan bahwa yang paling mahal didunia ini adalah "kesehatan". Maka dari itu perlu  adanya program desa yang dimana dapat menjamin kondisi kesehatan bagi masyarakatnya , terutama yang sudah berusia lanjut dan yang paling rentan yakini ibu yang melahirkan. Dimana dalam proses melahirkan ini sangat banyak membutuhkan asupan darah yang sebagaimana berfungsi untuk memberikan kesetabilan darah dalam kondisi yang demikian.

Sebagaimana yang telah terlaksana program kesehatan yang ada di desa Gunung Rajak kecamatan Sakra Barat. Yang dinamakan program "BANK DARAH". Program ini sekaligus menjadi Salah satu kegiatan KKP UIN Mataram  yang dilaksanakan sebagai program yang bekerjasama dengan pemerintah desa beserta bidan dan tenaga medis khususnya puskesmas. Mulai pada hari selasa tanggal 16 juli 2019, Mahasiswa KKP Gunung Rajak mengadakan pendataan golongan darah kepada masyarakat setempat. Program ini bertujuan untuk mengadakan bank darah di Desa Gunung Rajak. Adapun tujuan pengadaan bank darah teersebut semata-mata untuk menyediakan darah untuk kepntingan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Dikarenakan akhir-akhir ini stok darah di kantor PMI sering kosong dan  banyak ibu-ibu hamil yang di operasi ketika mau melahirkan sehingga lambat dalam penangan. oleh karena itu, pemerintah Desa gunung rajak beserta ibu bidan mempunyai inisiatif untuk mengadakan program bank darah yang di bantu oleh mahasiswa KKP uin mataram.

Masyarakat di desa gunung rajak sangat antusias untuk mengikuti program bank darah tersebut. Sehingga di salah satu dusun di Gunung Rajak ( baran mayung ) sangat antusias untuk mengikuti program bank darah bisa dikatakan semua pemuda dan amak-amak yang menetap di dusun tersebut semua mau di data untuk  mengikuti program bank darah tersebut. Selain masyarakat yang antusias dalam mengikuti bank darah. Mahasiswa KKP UIN Mataram juga sangat bangga di adakan program bank darah ini. Karena selain bisa membantu aparat desa untuk mensukseskan program bank darah tersebut, mahasiswa juga bisa mendonorkan darahnnya untuk masyrakat Gunung Rajak.

Kami dari mahasiswa UIN mataram berharap program ini bisa berjalan sampai seterusnya karena program ini sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat kedepanya, khusunya bagi  masayrakat Gunung rajak. Selain itu kami juga bisa meneruskan program ini nantinya ketika kami kembali ke pengabdian kami di masyarakat masing-masing. Karena ini adalah suatu pembelajran yang sangat berharga ketika kami mengabdikan diri di Desa Gunung Rajak

( OLEH KKP UIN MATARAM )

Hamzah
Hamzah

Desa Gunung Rajak Adalah salah satu Desa dari 250 desa/kelurahan di kabupaten Lombok Timur dan berada di Kecamatan Sakra Barat yang terdiri dari 7 Dusun yang sebagian besar mata pencarian masyarakatnya pertanian dan peternakan.

Komentar
Lalu Susilawardi
Lalu Susilawardi
17 Juli 2019 08:04:37

Kegiatan yg sangat positif,slain kita akan beramal jariah,dn sekaligus membantu masyarakat desa gunung Rajak khususnya dn masyarakat pd umumnya,tpisekiranya bisa lngsung di cekdarah Krn masih bnyak masyarakat yg blm tau gol darahnya trima kasih.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin

Berikan komentar

Alamat Email anda tidak akan ditampilkan. Wajib diisi untuk kolom *

CAPTCHA Image

Publikasi Anggaran

APBDes 2024

Data belum diinput

APBDes 2023

Data belum diinput

Realisasi APBDes 2023

Data belum diinput